Sistem Jual Beli Online Yang Marak Di Indonesia

By | August 2, 2020

Sistem Jual Beli Online memang sudah sangat akrab dikalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya memang sekarang ini hampir seluruh hal bisa kamu lakukan melalui jaringan internet. Berkat kecanggihan elektronik dan teknologi masa kini, hampir diseluruh aspek hal ini terbukti dapat mempermudah pergerakan manusia. Kamu tidak perlu lagi tuh yang namanya mengeluarkan tenaga lebih untuk berbelanja keluar rumah dimana juga menambah biaya transportasi. Nah dikesempatan kali ini kita akan bahas lebih dalam lagi mengenai sistem jual beli online ini sendiri.

Sistem Transaksi Jual Beli Online

Sejak tahun 1999 sistem ini sudah digunakan ketika Andrew Darwis mendirikan Forum Kaskus yang bisa melakukan sistem jual beli. Forum tersebut tadinya hanya berupa Forum online biasa dimana para membernya dapat berbagi cerita atau forum pertanyaan dalam berbagai macam hal. Yang kemudian forum ini akhirnya diisi dengan para member yang menjual barang melalui Kaskus, kemudian terjadilah sistem jual beli online disini.

Transaksi yang ada pada saat dulu tidak secanggih sekarang, karena memang uang elektronik saat itu masih hanya berupa ATM. Saat itu demi menghindari kasus penipuan, orang-orang yang bertransaksi biasanya akan melakukan COD (Cash On Delivery) karena penjual ini pun belum dapat diyakini keasliannya. Tidak seperti sekarang ini, dimana pihak ketiga dapat menjamin pemilik toko online terpercaya atau tidak dan jauh lebih sistematis dibandingkan tahun-tahun pertama sistem jual beli online marak di Indonesia.

Bentuk Transaksi Jual Beli Online

Memang zaman dulu orang lebih memilih Cash On Delivery untuk memastikan langsung barang yang akan dibeli. Meskipun sistem transfer dan pengiriman barang sudah ada tapi masyarakat masih belum yakin. Berbeda dengan sekarang, dimana sudah ada 3 bentuk transaksi yang bisa dilakukan saat melakukan jual beli online. Berikut 3 Bentuk Sistem Jual Beli Online:

  • Cash On Delivery (COD)

Seperti cara belanja pada umumnya, penjual melakukan transaksi dengan bentuk uang tunai saat pembayaran. COD masih sering dipilih orang-orang ketika membeli barang elektronik, agar ketika transaksi berlangsung bisa langsung dicek barang jualan tersebut. Karena beberapa online shopping juga ada yang menjual hewan peliharaan serta perlengkapannya, orang juga memilih untuk COD. Keuntungan utama Cash On Delivery memang untuk memastikan kondisi barang yang akan dibeli.

  • Transfer Antar Bank

Nah kalau yang ini pastinya sudah tidak asing buat kalian yang hobby transfer uang. Caranya pun sama kamu hanya perlu mentransfer sejumlah uang untuk dibayarkan ke penjual saat berbelanja online. Bank lokal ternama di Indonesia sudah banyak juga yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan online agar bisa mempermudah pembayaran yang dilakukan. Melalui sistem ini pula kamu bisa membayarkan banyak jasa untuk keberlangsungan hidup. Seperti mengisi pulsa, bayar listrik, deposit uang elektronik, serta KJP dan BPJS.

  • Escrow (Rekening Bersama)

Kalau sistem transaksi yang satu ini biasanya ada pada aplikasi toko online. Masing-masing pendiri toko online ini akan menyediakan sistem rekber untuk menjamin transaksi yang sehat dan terjamin. Jadi ketika pembeli dan penjual mencapai kesepakatan transaksi, pembayaran akan disampaikan pada pihak ketiga (perusahaan aplikasi) terlebih dahulu. Kemudian ketika barang yang dibeli sudah sampai di tangan sang pembeli, baru lah pihak ketiga tersebut memberikan pembayarannya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir tindak kejahatan berupa penipuan. Sehingga barang akan dikirim saat pembeli sudah membayar, dan penjual akan menerima bayarannya ketika sudah mengirimkan barang.